Korelasi Posisi, Motivasi, dan Prestasi

Hari ini saya mengajar, masuk ke ruangan kelas sekitar sepuluh menit sebelum waktu mengajar dimulai. Saya memang selalu membiasakan untuk hadir di kelas sebelum waktu mengajar. Kecuali sekali, kelas jam 7 pertama yang saya hadiri, telat kurang dari 5 menit. Walaupun hanya ada beberapa gelintir mahasiswa yang sudah datang waktu itu, saya minta maaf pada mereka, dan saya pun tidak mengulangi keterlambatan tersebut. Oke kembali ke kelas tadi, tadi itu kelas dimulai siang menjelang sore. Kelas kosong. bahkan ketika telah lewat 5 menit pun kelas masih kosong. Ya tidak apa-apa, itu semua hak mereka dan yang penting saya sudah stand by dan memenuhi kewajiban saya. Akhirnya satu persatu mahasiswa mulai masuk. Banyak sekali yang lebih terlambat masuknya. Tidak apa-apa. Saya tipe dosen yang tidak mempermasalahkan datang terlambat. Bagi saya mereka sudah dewasa dan hak mereka mau datang jam berapa, asal mereka tidak mengganggu hak mahasiswa lain yang sedang belajar, misalnya dengan ribut di kelas.

Saya ingat sekali ada PR. Saya pun mengatakan pada mereka “PR nya dikumpulkan di depan ya.” Namun mereka tidak bergeming. Saya ingatkan lagi “PR nya di kumpulkan ya, ada PR kan minggu lalu.” Lalu mereka masih tidak mengeluarkan selembar apapun. Saya pun berdiri dan mulai mendekati mereka, “Ayo ayo PR nya mana.” Mereka menjawab “Ga ngerti, Bu”.

Saya yang sebenarnya sempat speechless, berusaha menguasai diri, “Oh ga ngerti ya, jadi pada ga ngerjain semua?” Mereka menjawab “iya”. Saya hanya bisa membatin, dan berusaha berpikir cepat. Mau ngelus-ngelus dada tapi itu semua terlalu lambat. Saya butuh berpikir cepat karena kalo saya keburu baper rasanya udah mau walk out dan nangis ke kamar mandi. lol. lebay. Maapkan mungkin saya yang super duper lagi baper. Tapi ini sepertinya akumulasi dari kelas-kelas sebelumnya yang mana seperti mereka sering mengungkapkan tidak mengerti padahal materinya sudah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya di kelas sebelumnya. Maafkan saya jika saya terkesan membandingkan dengan satu-satunya pengalaman saya dulu ketika kuliah menjadi mahasiswa seperti mereka. Di mana dosen ngajarin materi yang super banyak dan ngebut, lalu saya yang blank di kelas, lalu saya di kasih PR yang seabreg-abreg. Tapi dengan PR itulah, saya jadi terpaksa buka buku dan belajar di rumah. Karena jujur saja, saya anaknya emang GA NGERTI APA YANG DOSEN OMONGIN DI KELAS. Saya bahkan baru ngerti itu biasanya beberapa detik sebelum ujian. :)). Tapi, saya anaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk ngerjain semua PR yang di kasih ama dosen. Mau bener apa kagak terserah dah, yang penting gue ngerjain dulu.

Nah karena saya gamau mereka mengalami yang kayak saya alami, alhasil saya berusaha menjelaskan dengan baik. Saya berusaha udah ga ngebut. Malah kalo di bandingin ama kuliah saya dulu, plis, ini udah jauh saya sesuaikan jumlah materinya. Kecepatannya juga udah super saya kurangi. Dan karena emang saya hobi nerangin kayak guru, makanya saya juga udah jelasin banget step by stepnya. Dan juga PR yang saya kasih itu superrr dikittt dibanding PR saya dulu. Ini cuman 2 soal yang jawabannya gak banyak, dan bisa dikerjakan tidak lebih dari setengah jam. (Kalau saya yang mengerjakan mungkin tidak sampai 10 menit). Tapi, ternyata mereka masih ga ngerti dan bahkan hari ini kompak ga ngerjain PR sekelas. Men, seumur-umur jadi mahasiswa keknya gue ga pernah ngalamin yang dosen nagih PR trus semua mahasiswa gada yang ngumpul. Lupakan. Mungkin dulu gw akan sujud syukur dan koprol keliling sabuga kalo temen-temen sekelas gue bisa diajak kompakan begitu. Sayangnya (eh, syukurnya) pasti ada beberapa biji mahasiswa jenius yang super anti nilainya tercemar yang entah dengan ilmu ghaib dari mana mereka bisa dapet jawabannya dan pasti akan ngumpulin duluan! Jadilah, kroco-kroco mahasiswa dengan kemampuan rata-rata kek gue cuman bisa nerima nasip hidup bahwa gue harus ngerjain dan ngumpulin PR walo entah itu jawaban dari hasil wangsit mimpi atau karangan indah belaka. Prinsip ini juga berlaku di UTS ato UAS. Mau itu dari wangsit, ngarang indah, atau itung kancing kalo pilihan ganda, atau kalo essay misalnya rangkaian listrik RLC bilangan kompleks yang penuh dengan transistor BJT dan dioda zener pun, sementok mentoknya tetap akan gue isi dengan rumus yang paling mendekati yang gue tau, meskipun jika rumus paling mendekati yang gw inget saat ujian itu adalah rumus segitiga pitagoras. Help. Oke kembali ke topik.

Jadi ditengah kondisi mengendalikan kebaperan, alhamdulillah saya bisa berpikir cepat bahwa yaudah lah ya, kali ini gapapa deh kalo masi ga ngerti, saya jelasin dulu aja. Jadi saya bilang, “Oke, jadi mau dibahas dulu aja ya?”. Mereka kompak bilang “iya”. Trus saya tanyain lagi, “Jadi sebenarnya tentang bab ini udah pada ngerti belum?” Mereka kompak jawab “beluuum”. Jawaban yang sudah saya duga sih, hehe. Yowes, akhirnya, “yaudah saya coba terangin lagi dari awal ya.” Kemudian seorang mahasiswa mengingatkan “Bu, belum berdoa Bu”. Dheg. Ditengah kondisi baper yang bikin saya mau ngunyah cabe rawit sebakul itu ternyata ada pula hal adem yang dalam sekejap kayak mengganti cabe sebakul tadi dengan es krim. Saya pun “Oiyaa, yauda tolong dipimpin doa ya.” 🙂

Setiap kelas yang saya ajar, dari awal saya sudah buat kesepakatan bahwa setiap awal kelas nanti ada yang mimpin doa bersama sebelum mulai belajar. Gak papa kayak anak SD. Jika anak SD itu lebih dekat dengan penciptanya, maka saya pun bahagia jika dibilang seperti anak SD. Saya hanya ingin setiap mahasiswa dan terutama saya pribadi, gurunya, ingat betul hari itu, saat itu, mengajar dan belajar untuk apa. Mau dibawa ke mana dan dengan niat apa. Biasanya saya yang minta seseorang atau koordinator kelasnya untuk memimpin doa. Belum pernah ada dari mahasiswa yang mengingatkan. Tapi tadi untuk pertama kalinya ketika saya lupa, ada seorang mahasiswa yang mengingatkan. :’) Setidaknya walau sebodoh-bodohnya kita semua, kita masih ingat berdo’a dan meluruskan niat untuk apa belajar hari ini. Sehingga segala proses belajar itu semoga akan bernilai disisi-Nya.

Kemudian setelah berdoa, saya pun mulai akan menerangkan lagi materi bab itu dari awal. Tapi sebelum itu ketika melihat seisi kelas yang pada duduk di belakang, mana suara juga lagi abis, saya kayak udah yang, plis, ini akan jadi yang ketiga kalinya saya ngajarin materi ini, kalo masih ga dengerin juga, duh I can’t promise anything. Mereka pada duduk di kursi paling belakang semua. SUMPAH. Seolah olah makin belakang baris yang mereka tempati akan mendapat uang cash paling banyak setelah keluar kelas. (oke, kayaknya saya harus putar otak gimana kedepannya menjadi dosen yang asik dan pelajarannya menarik mereka biar mau duduk di depan dengan excited. T.T. Oke ini masih PR.). Akhirnya tadi saya cuman yang “Tapi sebelum dijelaskan, saya minta semuanya duduk di depan dulu sampai penuh, selama belum penuh saya belum bisa mulai.” Terus mereka akhirnya pada pindah ke depan, terus di depan masih ada kursi yang kosong, dan saya bilang “Harus sampai penuh semua ya, saya mencoba konsisten dengan kata-kata saya”. Saya sambil menghapus papan tulis yang penuh sambil mereka grasak grusuk, dan ada suara kursi kosong di depan tadi sepertinya dipindah entah kemana. :)) Soalnya orangnya ga nambah di depan tapi kursinya yang tadinya rapat ini jadi lebih longgar di barisan yang paling depan. :)) yauda lah dek, suka suka aja deh asal dengerin yaaa.. 😉 Saya hanya berharap ketika mereka duduk di depan mereka bisa mendengar suara saya lebih jelas dan mereka bisa lebih fokus. Please students, trust me, I just want all the best for you.

Sambil menjelaskan ulang, saya pun juga bercerita pada mereka (niatnya mau memotivasi), bahwa tugas yang saya kasih itu buat kebaikan mereka, agar mereka mau belajar lagi di rumah. Saya katakan jika mereka mau membuka buku acuan dan mempelajarinya, mereka akan bisa mengerjakan PR itu. Saya juga cerita dulu saya waktu kuliah materi di kelas jauh lebih banyak, jauh lebih cepat, dan PR nya jauhh lebih banyak. Kemudian salah satu mahasiswa berkata “Bu, itu untuk level S1 atau D3?”. Lalu saya menjawab sambil tersenyum (senyum-senyum kecut gitu deh), “S1 sih, hehehe.” Sejenak mereka seperti merasa menang. Ya saya lagi-lagi cuma bisa membatin. Paling saya tambahkan lagi ke mereka, bahwa materi yang saya ajarkan ini sudah saya sesuaikan banget nget nget, udah dikurangin banget nget nget. Cuman emang sempat merasa sedih yang “Jadi saya salah ya S1?  saya ga layak dan ga bisa mengetahui standar belajarnya anak D3 gimana? Saya tidak ditakdirkan untuk mengajar disini?”. Lebaayy. Tapi bener sih jadi mayan krisis kepercayaan diri sesaat. Tapi saya juga jadi mikir, kok kayaknya kalo saya jadi mereka, saya malah tipe yang walau anak D3, tapi saya malah pengen banget belajar dan punya kemampuan seperti S1. Atau bahkan yang tipe ga terima kalo diperlakukan semacam “halah, kamu kan D3, kamu ga akan bisa ngikutin standar S1.” Makanya tadi mayan jadi kepikiran atas pertanyaan mahasiswa itu. But, I do appreciate his honesty. Good boy! 🙂

Saya cuman jadi banyak mikir, heu, motivasi seseorang itu benar-benar sangat mempengaruhi prestasi lho. Seberapa kita punya kemauan besar hingga akhirnya kemauan itu mendorong kita untuk melakukan segala macam usaha agar menjadi bisa. Kalau motivasi rendah, niat ga ada, usaha juga kurang, duh, kita ga bisa menghayal dapat memperoleh hasil yang bagus. That’s all what I can conclude after being a student more than 18 years. Seperti quote dari seorang sahabat, “Hard work does not betray.”

Well ya, setelah kelas tadi, saya pun jadi curhat sama salah satu dosen yang lebih senior. Ternyata kondisi yang dia alami pun kurang lebih sama. Kami merasa seperti, kami punya PR besar untuk memotivasi mereka. Karena tugas pendidik bukan cuma transfer ilmu pelajaran, tapi juga transfer energi, transfer semangat, dan yang terpenting menjadi teladan yang baik. >.<

Semangat ella, perjuangan baru sejengkal, masih banyak pelajaran-pelajaran hidup lainnya yang belum terbayangkan pada detik detik menjelang.

 

 

 


5 thoughts on “Korelasi Posisi, Motivasi, dan Prestasi

  1. Gak kebayang kalau mereka punya dosen semacam Pak Fuad, Pak Eniman, atau Pak Arif Sasongko. Kaya apa ya?

    Btw, kalau ngasih PR mending ditulis di selembar kertas/file, bagiin ke mereka. Jadi punya bukti tertulis kalau ngasih PR, dan legitimate kalau nge-ground nilai di PR itu. Jangan cuma diingat-ingat.

    1. ETA PISAN WAN! saya juga ngebayanginnya pertama banget tuh sama kelas Pak Eniman (karena kuliahnya sejenisss bangett, bahkan buku acuan yang saya pakai sama), dan Pak Fuad yang PR nya super harus pake kertas tertentu dan format garis tepi dan kalo ga ngumpulin bisa turun 1 grade. lol. Makanya kemaren sempet speechless.
      Kemaren itu tetap legitimate karena soal PRnya ada di slide sih. Jadi slidenya jelas ada homework. dan cuman 2 soal. jadi ga cuma diingat doang sebenernya. :)) tapi kemaren masih diberi amnesty deh gapapa. Tapi next time, boleh juga tuh di ground-in, eh emang harus keknya, biar konsisten.

      1. Anyway, masih ketemu Pak Eniman hampir tiap hari saya. Masih tetap tegas dan berwibawa. Haha.

        Oh, kalau udah tertulis sih, ground-in aja lain kali. Buat pelajaran, biar gak terulang lagi kejadiannya. Musti tegas juga.

Leave a comment